PEKAN
PROJEK PENGUATAN PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada 2 pekan yang lalu ( 04 November sd 15 November 2024), sekolah kita menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik Rekayasa Teknologi dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa agar selaras dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Tema 1: Gaya Hidup Berkelanjutan
(Untuk kelas X dan XI)
Melalui tema "Gaya Hidup Berkelanjutan," peserta didik diajak untuk memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mengadopsi kebiasaan hidup yang lebih ramah lingkungan. Dalam kegiatan ini, mereka akan belajar tentang konsep keberlanjutan melalui berbagai aktivitas seperti pengelolaan sampah, daur ulang, konservasi energi, dan pembuatan produk ramah lingkungan. Melalui pengalaman ini, siswa diharapkan mampu menunjukkan sikap gotong royong dalam menjaga lingkungan dan bernalar kritis tentang dampak perilaku sehari-hari terhadap kelestarian alam serta secara kreatif mampu melakukan pengelolaan limbah menjadi aneka produk yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari secara pribadi maupun yang memiliki nilai ekonomi.
Tema 2: Rekayasa dan Teknologi
(Untuk kelas XII)
Pada tema "Rekayasa dan Teknologi," siswa akan diperkenalkan pada teknologi dan inovasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah di sekitar mereka. Melalui eksperimen dan praktik langsung, siswa akan mencoba menciptakan solusi inovatif seperti alat penghemat air, teknologi daur ulang, atau perangkat hemat energi. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, tetapi juga membentuk semangat mandiri dalam mengembangkan solusi yang berdampak nyata bagi masyarakat sekitar.
Harapan dan Tujuan
Dengan mengikuti projek ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan karakter sesuai enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu:
Siswa belajar menghargai alam dan memanfaatkannya dengan bijak sebagai bentuk syukur atas ciptaan Tuhan.
Melalui kegiatan ini, siswa mengenal nilai keberlanjutan yang berlaku secara global dan mempelajari berbagai inovasi dari seluruh dunia.
Kerja tim dalam setiap aktivitas menumbuhkan semangat kolaboratif dan saling membantu.
Siswa didorong untuk inisiatif dalam belajar dan menyelesaikan tantangan tanpa bergantung sepenuhnya pada guru.
Siswa dilatih untuk menganalisis permasalahan dan merancang solusi dengan pendekatan ilmiah.
Berbagai projek mendorong siswa berinovasi dalam menciptakan produk yang berguna dan berdaya guna.
Pekan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi siswa dalam membangun karakter yang tangguh, berwawasan luas, dan siap menjadi generasi penerus yang berkontribusi pada kemajuan bangsa serta pelestarian lingkungan.