NEWS UPDATE :  

Berita

JUARA I LCTP

Jumat (20/11) Pramuka SMA Negeri 1 Prembun ikut serta dalam kompetisi kepanduan di Tingkat Kwarcab Kebumen, yakni Lomba Cepat Tangkas Pramuka (LCTP). LCTP adalah kegiatan bernuansa kepramukaan yang dilaksanakan setiap tahun. SMA Negeri 1 Prembun mengirim satu tim putri dengan tiga orang anggota untuk mengikuti lomba tersebut, diantaranya Sheva Rimma Dhanty (XII MIPA 5), Dewi Sukmawati (XII MIPA 5), dan Annisa Ayu Lestari (XI MIPA 5).

LCTP digelar dalam beberapa golongan, yaitu siaga putra, siaga putri, penggalang putra, penggalang putri, penegak putri, dan penegak putra. Kegiatan ini di laksanakan secara daring di pangkalan gugus depan masing-masing peserta dikarenakan pandemi yang belum usai. Dalam mengikuti lomba tersebut, SMA Negeri 1 Prembun dipilih dari Kwaran Prembun berdasarkan hasil pertimbangan dari LCTP di tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil tahun lalu, Pramuka Penegak Putri SMA Negeri 1 Prembun meraih Juara I Lomba Cepat Tangkas Pramuka di Tingkat Kwaran 17 Prembun. Maka dari itu, tidak ada seleksi khusus di tingkat kwaran untuk mengikuti lomba tersebut. Meski tanpa seleksi peserta tetap harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh panitia lomba, seperti keaktifan peserta di gugus depan, pemenuhan syarat usia sesuai golongan Pramuka, pengumpulan berkas-berkas yang ditetapkan, seperti Akta Kelahiran, Kartu Tanda Anggota, surat mandat kwarran, biodata peserta, biodata pendamping, serta fakta integritas pendamping.

     Adapun daftar kejuaraan LCTP di tingkat Kwarcab Kebumen tahun 2020, golongan penegak putri yaitu sebagai berikut.

a.       Juara I diraih oleh Kwarran Prembun dengan nilai 64.

b.      Juara II diraih oleh  Kwarran Ambal dengan nilai 60.

c.       Juara III diraih oleh Kwarran Puring dengan nilai 56.

d.      Juara Harapan I diraih oleh Kwarran Kebumen dengan nilai 56.

e.       Juara Harapan II diraih oleh Kwarran Rowokele dengan nilai 52.

f.       Juara Harapan III diraih oleh Kwarran Gombong dengan nilai 49.

Keberhasilan tersebut dicapai oleh Pramuka Penegak Putri SMA Negeri 1 Prembun dikarenakan persiapan yang cukup matang oleh tim selama satu bulan sebelum pelaksanaan. Waktu tersebut, dimanfaatkan untuk berlatih serta memahami materi secara sungguh-sungguh. Para pendamping pun turut membantu dalam berbagai kendala, seperti sinyal. Pembina membantu para peserta dengan cara menyambungkan WiFi yang jaringannya kuat di sekolah kepada hp peserta supaya kegiatan tidak terhambat. Adapun pembina yang mendampingi selama pelaksanaan lomba yaitu Ibu Sri Rejeki, S.Pd., dan Ibu Indri Aryanti, S.Pd. Karena pandemi yang belum usai, juara masih menunggu informasi untuk melanjutkan di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

     Kegiatan tersebut meninggalkan kesan yang bangga kepada para peserta karena soal-soal yang mereka kerjakan begitu menantang, sehingga bisa melatih para peserta untuk berpikir kritis. Para peserta pun berharap supaya pelaksanaan Lomba Cepat Tangkas Pramuka (LCTP) bisa lebih baik lagi.